Ilmu Gizi Indonesia

Ilmu Gizi Indonesia merupakan jurnal yang dikelola oleh Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal ini menerima naskah ilmiah di bidang gizi. Jurnal ini fokus pada bidang gizi klinik, gizi masyarakat, food science, food service, dan gizi olahraga. Ilmu Gizi Indonesia terbit dua kali dalam setahun, yaitu Bulan Agustus dan Februari.

Ilmu Gizi Indonesia merupakan jurnal nasional terakreditasi peringkat 3 berdasarkan hasil reakreditasi dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 36/E/KPT/2019, tanggal 13 Desember 2019. SK ini berlaku mulai Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 hingga Volume 7 Nomor 2 Tahun 2022.

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh isi jurnal tanpa ijin tertulis dari penerbit. Alamat redaksi: Universitas Respati Yogyakarta, Jalan Raya Tajem KM 1,5 Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Telp. (0274) 4437888, Fax (0274) 4437999.

Ilmu Gizi Indonesia sudah memiliki  ISSN  2580-491X (Media Cetak). Sejak Agustus 2017, Jurnal Ilmu Gizi Indonesia sudah tersedia online dengan nomor ISSN  2598-7844 (Media Online).

Jurnal Ilmu Gizi Indonesia terindeks di SINTA, Google scholar, GarudaCrossrefISJDPKP-IndexBASE, dan OneSearch.

 

 


Journal Homepage Image

Announcements

 

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS (Open Journal System)

 
Publikasi secara online merupakan langkah utama yang dapat dilakukan oleh pengelola jurnal untuk mendukung tercapainya publikasi naskah ilmiah secara global. Pengelolaan dan penerbitan berkala ilmiah berbasis online memungkinkan dilakukan lebih cepat karena semua proses pengelolaan meliputi proses pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan terbitan berkala ilmiah elektronik (e-journal). Ilmuwan dan penerbit terbitan berkala di Indonesia harus memahami perubahan paradigma dari terbitan berkala ilmiah cetak menjadi elektronik (e-journal). Suatu hasil karya ilmiah dapat segera diketahui dan dikenal masyarakat, baik nasional maupun internasional, melalui e-journal.

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS (Open Journal System) diperlukan  sebagai suatu upaya peningkatan kompetensi pengelola jurnal dalam mengelola dan mengatur terbitan secara online. Di samping itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan artikel secara back issue dan future issue; pengelolaan tampilan statistic dan reports jurnal di homepage; cara penggunaan OJS sesuai dengan platform manajemen e-journal; pemahaman pengelola jurnal tentang aplikasi sistem OJS sehingga mampu menyajikan situs jurnal yang informatif bagi pembaca; dan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional.

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS dilaksanakan pada Sabtu, 3 Maret 2018 di Hotel Gowongan Inn, dengan pemateri dari Relawan Jurnal Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh editor Ilmu Gizi Indonesia, perwakilan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. Pelatihan ini meningkatkan kapasitas para pengelola jurnal mengenai OJS, yang sangat diperlukan dalam manajemen pengelolaan jurnal.
 
Posted: 2018-08-07
 
More Announcements...

Vol 6, No 1 (2022): Agustus

Table of Contents

Fauziah Multazmi, Betty Yosephin Simanjuntak, Jumiyati Jumiyati
PDF
1-8
Khairizka Citra Palupi, Leffiyanti Handi, Nazhif Gifari, Lintang P. Dewanti
PDF
9-22
Aisha Excelia Suryawan, Farida Wahyu Ningtyias, Manik Nur Hidayati
PDF
23-34
Almira Sitasari, Tjarono Sari, Laras Tri Kunti
PDF
35-42
Ghina Raniya Suha, Amrina Rosyada
PDF
43-56
Dewi Septi Medinawati, Vitria Melani, Mertien Sa’pang, Harna Harna
PDF
57-68
Aan Sofyan, Tiara Putri Kusumawardani
PDF
69-76
Sunarti Sunarti, Nina Salamah, Muhammad Sulkhan, Banundari Rachmawati, Rosyida Awalia Safitri, Annta Kern Nugrohowati, Agustin LN Aminin
PDF
77-84