Pengaruh media teka-teki silang terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar

Umi Mahmudah

Abstract


Latar Belakang: Anak-anak sekolah dasar merupakan salah satu kelompok rawan masalah gizi, baik pada gizi kurang maupun gizi lebih. Pendidikan gizi seimbang perlu diterapkan untuk mengatasi masalah gizi tersebut. Metode pendidikan mendorong peran serta dan keterlibatan anak untuk memberikan motivasi dalam belajar. Berbagai metode pendidikan yang menarik bagi anak antara lain permainan, tebak-tebakan, diskusi kelompok, serta peragaan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi menggunakan media teka-teki silang (TTS) terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pre-posttest with control group. Penelitian dilakukan pada anak Sekolah Dasar Negeri Donohudan I. Pengukuran pengetahuan gizi seimbang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi yang diberikan pendidikan gizi menggunakan teka-teki silang dan kelompok kontrol yang diberikan pendidikan gizi menggunakan ceramah. Pengukuran pengetahuan pretest dilakukan sebelum diberikan pendidikan gizi dan pengukuran pengetahuan posttest diberikan setelah dilakukan pendidikan gizi. Data dianalisis menggunakan Paired T-test dan Independent Sample T-test. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah dilakukan pendidikan gizi menggunakan media TTS dan media ceramah (p=0,010). Rerata peningkatan pengetahuan gizi menggunakan media TTS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah pada anak sekolah dasar. Kesimpulan: Ada pengaruh pengetahuan gizi seimbang sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi, baik menggunakan media teka-teki silang maupun menggunakan media ceramah.


Keywords


teka-teki silang gizi; pengetahuan; gizi seimbang; anak sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Judawarto W. Antisipasi perilaku makan anak sekolah; 2010.

Hapsari IA, Putu YA, Luh SA. Gambaran status gizi siswa SD Negeri 3 PeliatanKecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana; 2011.

WHO. The world bank joint child malnutrition estimates. Geneva: World Health Organization; 2015.

Kementerian Kesehatan. RISKESDAS. Jakarta: Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Septiyani R. Waspada fast food [karya tulis ilmiah]. Jakarta: Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana; 2011.

Machfoedz I, Suryani S. Pendidikan kesehatan bagian dari promosi kesehatan, Yogyakarta: Fitramaya; 2007.

Suhardjo. Berbagai cara pendidikan gizi. Jakarta: Bumi Aksara; 2003.

Dwiriani CM., Damayanti E, Kustiyah L, Briawan D. Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas sekolah dasar menuju perilaku gizi seimbang di Kota Bogor [laporan akhir penelitian]. Bogor : Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor; 2009.

Hikmawati Z, Yasnani, Sya`ban. Pengaruh penyuluhan dengan media promosi puzzle gizi terhadap perilaku gizi seimbang pada siswa kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari tahun 2016; 2016.

Tuzzahroh F. Pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media video, poster dan permainan kwartet gizi terhadap pengetahuan gizi dan status gizi siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Kota Surakarta [naskah publikasi]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Haryono. Pembelajaran IPA yang menarik dan mengasyikkan. Purworejo: KEPEL Press; 2013.

Wulandari A. Peningkatan pengetahuan gizi pada anak sekolah dengan metode ceramah dan role play [skripsi]. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang; 2007.

Nuryanto, Pramono A, Puruhita N, Muis SF. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia. 2014;3(1):32-36.

Rantika, Abdulah F. Penggunaan media teka teki silang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. 2015;1.

Khalilullah. Media pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo; 2013.

Khairunnisak. Penggunaan media kartu sebagai strategi dalam pembelajaran membaca permulaan: studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Banda Aceh. Jurnal Pencerahan. 2015; 9(2): 66-82.

Fadhilah D, Hartini NS, Gunawan IMA. Efektifitas penyuluhan tentang sayuran menggunakan media kartu sayuran terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar. Jurnal Nutrisia. 2017;19(2):100-105.

Jukes MCH, Drake LJ, Bundy DAP. School health, nutrition and education for all levelling the playing field. USA: CABI Internasional;2008.

Zulaekah S. Pendidikan gizi dengan media booklet terhadap pengetahuan gizi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Kemas. 2012;(2): 127 – 133.

Jan S, Bellman C, Barone J, Jessen L, Arnold M. Shape it up: a school-based education program to promote healthy eating and exercise developed by a health plan in collaboration with a college of pharmacy. Journal of Managed care Pharmacy. 2009;15(5).

Aliya H, Muwakhidah. Pengaruh pendidikan gizi dengan media audio kinestetik (senam dan lagu pesan gizi seimbang) terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. Jurnal Kesehatan. 2017;10(2):1979 – 7621.

Yurni AF, Sinaga T. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan praktik membawa bekal menu seimbang anak sekolah dasar. Media Gizi Indonesia. 2017; 11(2):183 – 190.

Hamida K, Zulaekah S, Mutalazimah. Penyuluhan gizi dengan media komik untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Kesmas. 2012; 8(1): 67 – 73.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v2i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI