Pengetahuan, dukungan keluarga, asupan natrium dan vitamin C pasien penyakit jantung koroner di Rumah Sakit dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Aprelia Dwi Jayanti, Weni Kurdanti, Siti Wahyuningsih

Abstract


Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penyempitan arteri koroner, mulai dari terjadinya aterosklerosis (kekakuan arteri), penimbunan lemak atau plak pada dinding arteri koroner, maupun yang sudah terjadi penyumbatan oleh bekuan darah. Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan kelebihan konsumsi natrium berpengaruh langsung pada tekanan darah. Vitamin C dilaporkan dapat menghambat pertumbuhan plak ateroma dan mencegah terjadinya Low Density Lipoprotein (LDL).

Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga dengan asupan natrium dan vitamin C pada pasien penyakit jantung koroner di Poliklinik Jantung RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan di Poliklinik Jantung RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Subyek penelitian adalah pasien penyakit jantung koroner rawat jalan berjumlah 138 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.  Uji statistik dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mempunyai pengetahuan yang baik (84,4%), responden mempunyai dukungan keluarga yang baik (90,6%), responden memiliki asupan natrium baik (57,2%), responden memiliki asupan vitamin C kurang (98,6%).

Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan asupan natrium dan vitamin C. Tidak ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan asupan natrium dan vitamin C.

 


Keywords


Pengetahuan; Dukungan Keluarga; Asupan Natrium; Asupan Vitamin C

References


Kabo, P. (2014). Penyakit Jantung Koroner, Penyakit Atau Proses Alamiah?. Jakarta: FKUI

Info Datin. (2014). Situasi Kesehatan Jantung. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. www.depkes.go.id (diakses pada tanggal 30 Oktober 2015).

Indrawati, L. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Persepsi, Motivasi, Dukungan Keluarga dan Sumber Informasi Pasien Penyakit Jantung Koroner Dengan Tindakan Pencegahan Sekunder Faktor Risiko (Studi Kasus di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta). STIKES. Medistra Indonesia, volume 2, no 3. http://www.ejournal.jurwidyakop3.com (diakses pada tanggal 17 November 2015).

Mansjoer, A. (2001). Kapita Selekta Kedokteran. Buku Kedokteran , EGC, Jakarta

Wiryono, P. (2009). Nutrasetika Sebuah Tinjauan Pengembangan Produk Pangan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khomsan, A. (2007). Sehat dengan Makanan Berkhasiat. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Winarsi, H. (2007). Antioksidan Alami & Radikal Bebas Potensi dan Aplikasinya Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Kanisius.

Supriyono, Mamat. (2008). Faktor-Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Penyakit Jantung Koroner Pada Kelompok Usia < 45 Tahun. Universitas Diponegoro Semarang. http://eprints.undip.ac.id (diakses pada 8 Januari 2016).

Setyawati. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Penderita Kusta di Puskesmas Kunduran Kabupaten Blora. Skripsi. FK UGM Yogyakarta

Legowo, I. A. (2014). Hubungan Pengetahuan Pasien dan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Pelaksanaan Diet Rendah Garam pada Pasien Hipertensi di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id (diakses pada 10 Januari 2016).

Supriyono, Mamat. (2008). Faktor-Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Penyakit Jantung Koroner Pada Kelompok Usia < 45 Tahun. Universitas Diponegoro Semarang. http://eprints.undip.ac.id (diakses pada 8 Januari 2016).

Zahrawardani, D. (2013). Analisis Faktor Risiko Kejadian Jantung Koroner di RSUP dr. Kariadi Semarang. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, volume 1, no 2. http://jurnal.unimus.ac.id (diakses pada 20 Juli 2016).

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Niven, N. (2002). Psikologi Kesehatan Pengantar Untuk Perawat dan Profesional Kesehatan Lain. Jakarta: EGC

Zaini et al. (2015). Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Keluarga tentang Diet Rendah Garam dengan Konsumsi Lansia Hipertensi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. (Diakses pada tanggal 9 Juli 2016).

Umami. F. I. (2015). Hubungan Pengetahuan Tentang Hipertensi dan Dukungan Keluarga Terhadap Asupan Natrium Penderita Hipertensi Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Sukoharjo. http://eprints.ums.ac.id (diakses pada 20 Juli 2016).

Beck, M. E. (2011). Ilmu Gizi Dan Diet Hubungannya Dengan Penyakit-Penyakit Untuk Perawat Dan Dokter. Yogyakarta: C.V Andi.

Berg, A. (1986). Peranan Gizi Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Rajawali.

Sulistyowati, Y. (2006). Pengaruh Pemberian Likopen Terhadap Status Antioksidan (Vitamin C, Vitamin E dan Gluthathion Peroksidase) Tikus (Rattus norvegicus galur Sprague Dawley) Hiperkolesterolemik. Tesis Universitas Diponegoro Semarang.

Tinah. (2014). Hubungan Preferensi Makanan Asrama dan Konsumsi Pangan dengan Status Gizi Mahasiswa/i Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Medan. http://repository.usu.ac.id (diakses pada 25 Juli 2016).

Friedman, M.M., Bowden, V.R., & Jones, E.G. (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: riset, teori, & praktik. Jakarta: EGC

Widyaningrum, S. (2012). Hubungan antara Konsumsi Makanan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Jember. http://repository.unej.ac.id/ (diakses pada 20 Juli 2016).




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v1i2.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Ilmu Gizi Indonesia



lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI