Nutrihocky Board Game meningkatkan pengetahuan dan sikap picky eater pada anak sekolah dasar

Rachmanida Nuzrina, Dhea Mardani Nur Mardani, Mury Kuswari, Laras Sitoayu, Lintang Purwara Dewanti

Abstract


Latar Belakang: Picky eater merupakan suatu gangguan pola makan yang sering terjadi pada anak usia sekolah. Kurangnya paparan edukasi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman mengenai Picky Eater pada anak usia sekolah. Inovasi metode edukasi dengan modifikasi permainan anak “Nutrihocky Board Game” dapat menjadi alternatif inovasi media edukasi untuk anak usia sekolah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Nutrihocky Board Game terhadap pengetahuan dan sikap picky eater anak usia sekolah dasar usia 9−11 tahun. Metode: Penelitian ini menggunakan disain Quasi Experimental dengan rancangan pre−posttest control grup desain yang melibatkan 56 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan Paired Sampel T-Test, uji Wilcoxon untuk menganalisis perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi dan Independent T-Test untuk mengetahui perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap terhadap picky eater yang signifikan (p<0,05) sebelum dan sesudah dilakukan intervensi menggunakan media Nutrihocky Board Game pada kelompok intervensi. Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap terhadap picky eater yang signifikan (p<0,05) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Permainan Nutrihocky Board Game dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah sehingga dapat digunakan sebagai media edukasi.

Keywords


anak usia sekolah; nutrihocky board game; pengetahuan; picky eater; sikap

Full Text:

PDF

References


Uce L. Pengaruh asupan makanan terhadap kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Bunayya J Pendidik Anak. 2018;4(2):79–92.

Syahroni MHA, Astuti N, Indrawati V, Ismawati R. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan. J Tata Boga. 2021;10(1):12-22.

Rikandi M, Sari NU. Analisis hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan kesulitan makan pada anak usia prasekolah di TK Negeri 1 Padang Tahun 2016. J Ilmu Kesehat. 2018;2(1):107–13.

Anggraini, Shelly Dwi., Rohmah, Nikmatur., Permatasari E. Hubungan Pemberian asi eksklusif dengan perilaku picky eating pada anak usia 3-5 tahun di Posyandu Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa. Univ Muhammadiyah Jember. 2016;52(1):1–5.

Utami F. Picky eater pada anak kota: studi kasus anak usia 3-4 tahun. J Sosioreligi. 2016;14(2):79–86.

Xue Y, Lee E, Ning K, Zheng Y, Ma D, Gao H, et al. Prevalence of picky eating behaviour in Chinese school-age children and associations with anthropometric parameters and intelligence quotient. A crosssectional study. Appetite. The Authors;2015;91:248–55.

Angraini DI, Arisandi R, Rosa E, Zuraida R. The relation between “Picky Eating” behavior and nutritional status of preschool children. J Gizi dan Diet Indones (Indonesian J Nutr Diet. 2022;9(1):49.

Mamba NP, Napoles L, Mwaka NM. Nutrition knowledge, attitudes and practices of primary school children in Tshwane Metropole, South Africa. African Journal of Primary Health Care & Family Medicine. Oxford English Dict [Internet]. 2019;11(1):1–7. Available from: https://hdl.handle.net/10520/EJC1723c50dda

Nurrita T. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT J Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb. 2018;3(1):171.

Tafonao T. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. J Komun Pendidik. 2018;2(2):103.

Nabila B, Musthofa SB, Widjanarko B, Masyarakat FK, Diponegoro U, Masyarakat FK, et al. Pengaruh boardgame “germas game” dan metode ceramah terhadap pengetahuan dan sikap gerakan masyarakat hidup sehat pada remaja perempuan. J Kesehat Masy. 2021;9:353–9.

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta. 2018.

Arisandi R. Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Picky Eating Pada Anak. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2019;10(2):238–41.

Justickarin S. Kuswari M, Sitaoayu L. The Influence of Nutrition Education through Nutriboard Game on Knowledge and Balanced Nutrition Attitude in 5th Grade Elementary School Students. Ann Nutr Metab 2019;75(suppl 3):1–424

Zaini A. Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. 2019;3(1):118.

Faridah SN, Sitoayu L, Nuzrina R. Efektivitas veggie-fruit dart game terhadap konsumsi sayur dan buah pada siswa SDN Duri Kepa 05 PG. Indones J Hum Nutr. 2019;6(1):22–31.

Musdalifah R. Pemrosesan dan penyimpanan informasi pada otak anak dalam belajar: short term and long term memory. Univ Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019;17(2).

Bhinnety M. Human memory: structures and processes. Am J Psychol. 2015;93(4):742.

Priawantiputri W, Rahmat M, Purnawan AI. Efektivitas pendidikan gizi dengan media kartu edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku makanan jajanan anak sekolah dasar. J Kesehat. 2019;10(3):374.

Nur Afra, G, Sitoayu L, Melani V. Pengaruh pemberian media kartu bergambar terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa kelas v di sdn Tanjung Duren Selatan 01 Pagi tahun

Jurnal Gizi dan Kesehatan. 2018;3(April):49–58.

Nasution U, Casmini Integrasi pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov dalam membentuk perilaku peserta didik. Insa J Pemikir Altern Pendidik. 2020;25(1):103–13.

Ndari SS, Chandrawaty. Telaah kurikulum pendidikan anak usia dini. Edu Publ. 2018;1–225.

Kurdanti W, Khasana TM, Fatimah AS. Pengaruh media promosi gizi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi pada siswa sekolah dasar. Gizi Indones. 2019;42(2):61.

Pratiwi Hartono N, Saptaning Wilujeng C, Andarini S. Pendidikan gizi tentang pengetahuan pemilihan jajanan sehat antara metode ceramah dan metode komik. Indones J Hum Nutr. 2015;2(2):76–84.

Almira R, Melani V, Angkasa D, Dewanti LP. Pengaruh Media Nutrition Bingo Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Serta Keanekaragaman Pangan Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di Jakarta Timur. Journal of Nutrition College. 2022 Oct;11(4):310-321.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v7i2.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI