Hubungan antara persepsi pasien mengenai higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap

Prita Dhyani Swamilaskita, Adinda Dian Permata Dewi, Putri Ronitawati, Nur Ahzaini Laili

Abstract


Latar Belakang:. Pelayanan gizi merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien rawat inap. Bentuk pelayanan gizi paling umum adalah peneyelenggaraan makanan. Kualitas penyelenggaraan makanan dapat dipengaruhi oleh higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan. Pelayanan yang diberikan kepada pasien akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan persepsi pasien mengenai higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan dengan tingkat kepuasan pasien di RS TK. II Moh Ridwan Meuraksa. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional. Penelitian dilaksanakan pada 1 Agustus 2022–9 September 2022. Jumlah sampel sebanyak 50 pasien rawat inap di RS TK. II Moh Ridwan Meuraksa. Pengambilan persepsi data higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Data yang telah didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas dengan metode Shapiro-Wilk (p>0,05). Analisis bivariat menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan (p<0,05) dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap RS TK. II Moh Ridwan Meuraksa. Kesimpulan: Terdapat hubungan persepsi pasien mengenai higiene sanitasi, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap.

Keywords


higiene sanitasi; kualitas makanan; kualitas pelayanan; tingkat kepuasan

References


Peraturan Pemerintah. Peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang perumahsakitan. 2021;(086146).

Rachmawati, I., & Afridah, W. Mutu pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan pasien. Journal of Health Sciences, 2018;7(2).

Emiliana, Dhesa DB, Mayangsari R. Analisis pelaksanaan pelayanan gizi rawat inap di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. J Ilm Karya Kesehat [Internet]. 2021;2(1):22. Tersedia pada: https://stikesks-kendari.e-journal.id/jikk

Yulia LA, Harapah JH, Satria B. Evaluasi manajemen penyelengaraan makanan pasien rawat inap di instalasi gizi RSUD Dr. R.M Djoelham Binjai Evaluation. J Healthc Technol Med Vol. 2021;7(2):304.

Bachyar. B, Ani. I, Widartika. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi [Internet]. Indonesia: Kemenkes RI;2018. Tersedia dari: http://repo.upertis.ac.id/1113/1/29%20Sistem%20Penyelenggaraan%20Makanan%20Institusi.pdf

Esfandiari R, Wahini M. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayan makanan (kasus di Rumah Sakit Angkatan Darat Brawijaya, Surabaya). Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. 2017;5(2):18–24.

Rachmawati AD, Anna C, Afifah N. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Dan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit The Patient Satisfaction With Foodservice And Food Presentation In Hospital. Gorontalo J Nutr Diet. 2021;1(2):37–49.

Hariez TM, Akbar PS. Pengaruh rasa, penampilan, tingkat kematangan, suhu, kebersihan dan porsi makanan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan gizi di RS X Malang. 2019;5(2):65–71.

Sholeha S, Kusindrati K, Tanuwijaya RR, Marini R. Pentingnya kualitas pelayanan makanan terhadap kepuasan pasien rawat inap. J Ilm Kesehat. 2020;19(02):55–8.

Nareswara AS. Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di rsud kota semarang. Ilmu Gizi Indones. 2017;01(01):34–9.

Nurqisthy A, Adriani M, Muniroh L. Hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan tingkat kecukupan energi dan protein pasien di rumah sakit universitas airlangga surabaya. Media Gizi Indones. 2017;11(1):32.

Esabela II, Setyowati S, Sari LLW. Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Menurut Karakteristik Pasien Di RSUD Hanau, Kab. Seruyan Kalimantan Tengah. Repository Poltekkes Kemenkes Yogya. 2018;15(5):23.

Pretty Grace Zalukhu, Zulfendri, Albiner Siagian. Relationship of Food Hygiene with Patient Satisfaction in Royal Prima Hospital. Britain Int Exact Sci J. 2020;2(1):357–67.

Suryani D, Dwi Astuti F. Higiene dan Sanitasi pada Pedagang Angkringan di Kawasan Malioboro Yogyakarta. J Kedokt dan Kesehat. 2019;15(1):70.

Widosari E, Widiyaningsih EN. Hubungan Antara Ketepatan Jam Makan Dan Frekuensi Konsumsi Makanan Dari Luar Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Yang Mendapatkan Makanan Biasa Di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro. Semin Nas Gizi 2017 Progr Stud Ilmu Gizi UMS. 2017;(2006):213–22.

Kustiyoasih MP, Adriani M, Nindya TS. Penyelenggaraan Makanan Dan Kepuasan Konsumen Di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Media Gizi Indones. 2017;11(1):11.

Agustina F. Hubungan antara daya terima makanan dengan tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien hipertensi rawat inap di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Semantic Scholar. 2016;7(3):52.

Adinegara GNJ, Yanti NKP, Astuti NMEO. Ananlisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali. J Ekon dan Pariwisata. 2015;10(2):12–21.

Pratiwi C, Solin S, Zega MK. Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS. USU. Pontianak Nutr J. 2022;5:171–6.

Prasetyani LN. Hubungan Sikap Ahli Gizi dan Pramusaji Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga. Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2016;27(12):431-24

Rachman T. Hubungan Tingkat Kepuasan Penyajian Makanan Dan Daya Terima Menu Dengan Sisa Makanan Biasa Pada Pasien Rawat Inap Kelas Iii Rsud Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2019;10–27.

Marfuah D, Wardana AS. Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Terhadap Sisa Makanan di Afif Catering Surakarta. Jurnal PROFESI (Profesional Islam). 2022;19(2):119–26.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v8i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: [email protected]/ [email protected]

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI