Edukasi media Nutri Case terhadap pengetahuan dan sikap tentang konsumsi jajanan sehat pada anak usia sekolah di Bogor

Nabila Nabila, Lintang Purwara Dewanti, Vitria Melani, Laras Sitoayu

Abstract


Latar Belakang: Anak usia sekolah adalah salah satu modal utama pertumbuhan dan perkembangan serta bibit unggul untuk masa depan bangsa. Oleh karena itu, perlu diperhatikan serta dibina dalam meningkatkan kesehatannya. Salah satu yang merupakan faktor penting dalam mempengaruhi status gizi anak adalah kebiasaan makan anak/individu. Kebiasaan makan anak yang tidak sehat dan tidak bergizi akan memberikan dampak lebih besar terkait dengan kesehatan. Konsumsi makanan jajanan sehat diharapkan memiliki kontribusi penting dalam menyalurkan energi serta zat gizi lainnya yang dapat menjadi penunjang pesrtumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar. Tujuan: Menganalisis pengaruh edukasi gizi dengan media kotak pensil gizi (Nutri Case) terhadap perubahan pengetahuan dan sikap pada anak usia sekolah dasar kelas 3 di Global Sukses Mulia Islamic School. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental dan desain one group pre-test post-test yang melibatkan 40 siswa sekolah dasar kelas 3 yang berusia 8-9 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap yang diteliti secara langsung. Hasil: Adanya perubahan pengetahuan dan sikap dengan nilai p value 0.0001 setelah diberikan intervensi gizi dengan media kotak pensil gizi (Nutri Case). Kesimpulan: Media kotak pensil gizi (Nutri Case) merupakan media yang dapat digunakan sebagai media edukasi gizi baru yang bisa diterima oleh kalangan anak-anak dalam proses pembelajaran mengenai gizi terutama mengenai pemilihan makanan jajanan yang sehat.


Keywords


anak usia sekolah dasar; edukasi gizi; kotak pensil; media; pengetahuan; sikap

Full Text:

PDF

References


WHO. Who estimates of the global burden of foordborne diseases. Encyclopedia of Parasitology. Switzerland. WHO Int. 2015;1068–9.

Bone EF. Strategi kampanye sosial “Ibu Warung Anak Sehat” dalam membentuk pola konsumsi jajanan sehat pada anak sekolah (studi deskriptif kualitatif stratregi kampanye sosial “Ibu Warung Anak Sehat” dalam membentuk pola konsumsi jajanan sehat pada anak sekolah di SDN Gondolayu Yogyakarta Periode Juli 2016- Juli 2018 [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta; 2019.

Sakti ES. Hari bawa bekal nasional. InfoDATIN. 2020;1–10.

BPOM. Keamanan pangan jajan anak sekolah. 2014;8(33):44.

Almatsier S, Soetardjo S, Soekatri M. Gizi seimbang dalam daur kehidupan. Almatsier S, editor. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2017.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Daryanto. Media pembelajaran buku : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media; 2013.

Purtiantini. Hubungan pengetahuan dan sikap mengenai pemilihan makanan jajanan dengan perilaku anak memilih makanan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. 2010;9(1):76–99.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta; 2014.

Saloso I. 2011. Pengaruh media audio (lagu anak-anak) dan media visual (kartu bergambar) terhadap pengetahuan gizi (PUGS dan PHBS) serta tingkat penerimaan pada anak usia sekolah dasar negeri di kota Bogor [Skripsi]. Bogor : Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Nofindra R. Ingatan, lupa, dan transfer dalam belajar dan pembelajaran. J Pendidik Rokania. 2019;561(3):S2–3:21-34.

Antono R. 2018. Pengaruh media komik terhadap pengetahuan tentang makanan jajanan pada siswa kelas V di SDN 17 Pontianak Utara [Skripsi]. Pontianak: Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Santoso A, Devi M, Kurniawan A. Peningkatan pengetahuan siswa mengenai jajanan sehat menggunakan media minicard. Prev Indonesia J Public Health. 2018;3:1–15.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Azwar S. Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012.

Nur A, Duanita MH. Dampak penyuluhan jajanan sehat terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fitrah Kampung Nelayan Oesapa Kupang. CHMK Health Journal. 2019;3 (3):62–68.

Rizona F, Yuliana. Pengaruh edukasi terhadap peningkatan sikap jajanan sehat pada anak sekolah. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. 2018;5(2):16–24.

Arsyad A. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2011.

Hayati N, Nuriya H. Kecenderungan pemilihan jajanan pada anak usia sekolah di MI Darul Ulum Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. J Gizi. 2018;7(1):1–7.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v7i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI