Pengaruh pemberian MI-Nut (Interactive Media on Nutrition) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi pada siswa di SD Negeri Sudimara Tangerang

Novia Indri Saputri, Putri Ronitawati, Nadiyah Nadiyah, Rachmanida Nuzrina, Lintang Purwara Dewanti

Abstract


Latar Belakang: Pengetahuan dalam bidang gizi merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam menentukan kesehatan masyarakat. Banyak masalah dan kesehatan yang bisa menyebabkan masalah gizi karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Cara yang dapat memperbaiki pengetahuan seseorang, yaitu memberikan pendidikan gizi sejak masa kanakkanak. Tujuan: Untuk melihat efek pemberian MI-Nut (Interactive Media on Nutrition) dalam merubah pengetahuan serta sikap gizi pada siswa di SD Negeri Sudimara Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi-Eksperimental dengan rancangan two group pre-posttest with control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Responden berjumlah 58 siswa yang berasal dari dua sekolah yang berbeda. Sebanyak 33 siswa sebagai kelompok intervensi yang berasal dari SDN Sudimara sejumlah 11 siswa dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol yang berasal dari SDN Sudimara 15 Tangerang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired T- Test, Wilcoxon Sign Rank Test, Independent T-Test, dan Mann Whitney. Hasil: Ada perbedaan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok control (p=0,000). Ada perbedaan sikap antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,020). Kesimpulan: Media MI-Nut dapat meningkatkan pengetahuan pada anak sekolah dasar sebesar 31,85% dan sikap sebesar 2,42%.


Keywords


media interaktif; gizi seimbang; pengetahuan; sikap

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama; 2010.

Moehji, S. Ilmu gizi 2; penanggulangan gizi buruk. Jakarta: Papas Sinar Sinanti; 2003.

Budianto. Dasar-dasar ilmu gizi. Malang: UMM Pers; 2009.

Lestari, I. D., Yanti, E., Tuti R. Gambaran status gizi pada siswa sekolah dasar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. JOM FK, 2016;3(2), 1–14.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2019.

Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., Muis, S. F. Pengaruh Pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 2014;3(1), 32–36. https://doi.org/10.14710/jgi.3.1.121-125

Lingga, N. L. Pengaruh pemberian media animasi terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa kelas VI SDN Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat. [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul; 2015.

Notoatmodjo. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Octalia, M., Sary, L., Angelina, C. F. Perbedaan pengetahuan antara media videobased learning dengan media interaktif remaja enggan merokok pada siswa kelas VII di SMPN 22 Bandar Lampung tahun 2020. Indonesian Journal Of Health and Medical, 2021;1(2), 241-253. http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm/article/view/44

Yunus, M., Astuti, I. F., Khairina, D.M. Game edukasi matematika untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 2015;10(2), 59-64. http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i2.192

Dermawan, A.C., Setiawati, S. Proses pembelajaran dalam Pendidikan kesehatan. Jakarta: Trans Info Media; 2008.

Tisa Br H, D., Simanjuntak, B.Y., Wahyudi, A. Pengaruh edukasi gizi menggunakan media audio visual (video) terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang. Jurnal Kesehatan. 2020;13(1), 19–24. https://doi.org/10.32763/juke.v13i1.151

Arimurti, D. I., Ahmad, S., H. Engkus, K. D. Pengaruh pemberian komik pendidikan gizi seimbang terhadap pengetahuan gizi siswa kelas V SDN Sukasari 4 Kota Tangerang Tahun 2012. [skripsi]. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2012.

Kartono, K. Patologi sosial 3: gangguan-gangguan kejiwaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2003.

Darwin, C. Healthy people 2010 Volume II. Inggris: Oxford University: 1985; Vol. XXX.

Wulandari, M., Prameswari, G.N. Media komik terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi pada anak yang gemuk dan obesitas. JHE (Journal of Health Education), 2017;2(1), 73–79. https://doi.org/10.15294/jhe.v2i1.19113

Fitriani, N. L., Andriyani, S. Hubungan antara pengetahuan dengan sikap anak usia sekolah akhir (10−12 Tahun) tentang makanan jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2015;1(1), 7-26. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i1.1184

Habib, A., Astra, I. M., Utomo, E. Media pembelajaran abad 21: kebutuhan multimedia interaktif bagi guru dan siswa Sekolah Dasar. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2020;3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20

Sintya, Y. R., Sutadji, E., Djatmika, E. T. Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2020, 5(8), 1105-1114. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905

Prasetya, D. Pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Progresif, 2017;7(1), 21–31. https://doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201703

Supradi, A. Penggunaan multimedia interaktif sebagai bahan ajar suplemen dalam peningkatan minat belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2014;1(2), 161-167. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167

Marisa, M., Nuryanto, N. Pengaruh pendidikan gizi melalui komik gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap pada Siswa SDN Bendungan di Semarang. Journal of Nutrition College, 2014;3(4), 988–993.

Anwar, A. I. Pengaruh pelatihan penyuluh berbasis multimedia interaktif dan pendampingan guru terhadap perilaku dan kesehatan mulut. [disertasi]. Makassar; Program Pascasarjana Universitas Hasanudin; 2020.

Mahmud, M.R., Ambarwati, R, Mintarsih, S.N., Prihatin, S., Jaelani, M. Efektifitas edukasi dengan media audiovisual terhadap pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang. Jurnal Riset Gizi, 2017;5(1), 21–25. https://doi.org/10.31983/jrg.v5i1.4323

Setyaningsih, S., Rusijono, R., Wahyudi, A. Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 2020;20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772.

Marisa, Nuryanto. Pengaruh pendidikan gizi melalui komik gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap pada Siswa SDN Bendungan di Semarang. Journal of Nutrition College, 2014;3(4), 988–993. https://doi.org/10.14710/jnc.v3i4.6911

Kusumarani, A., Noviardhi, A., Susiloretni, K. A. Pengaruh media komik terhadap pengetahuan dan sikap tentang sayur dan buah di SD Aisyiyah dan SDN Kalicilik 2 Demak. Jurnal Riset Gizi, 2018;6(2), 46-50. https://doi.org/10.31983/jrg.v6i2.4311

Azhari, M. A., Fayasari, A. Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 2020;5(1), 55-61. https://doi.org/10.30867/action.v5i1.203

Azwar, S. Teori sikap manusia (edisi ke 2), Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2013.

Safitri, Y. L., Sulistyowati, E., & Ambarwati, R. Pengaruh edukasi gizi dengan media puzzle terhadap pengetahuan dan sikap tentang sayur dan buah pada anak sekolah dasar. Journal of Nutrition College, 2021;10(2), 100–104. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i2.29139




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v7i1.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI