Games Kartu Milenial Sehat sebagai media edukasi pencegahan anemia pada remaja putri di sekolah berbasis asrama

Silvia Dewi Styaningrum, Metty Metty

Abstract


Latar Belakang: Pengetahuan remaja putri tentang anemia menjadi masalah yang harus segera diselesaikan mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh anemia berdampak pada lintas generasi. Upaya edukasi menjadi kunci karena remaja yang memiliki pemahaman yang baik tentang anemia diharapkan dapat menurunkan risiko kejadian anemia. Edukasi pada remaja membutuhkan metode yang menarik dan mengesankan agar efektif. Games edukasi topik kesehatan dengan media kartu telah banyak digunakan. Penelitian ini bermaksud mengukur pengaruh Games Kartu Milenial Sehat (KMS) sebagai media edukasi anemia bagi remaja putri. Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan media edukasi Games Kartu Milenial Sehat (KMS) terhadap pengetahuan remaja putri tentang pencegahan anemia di sekolah berbasis asrama. Metode: Penelitian pre eksperimental dengan rancangan one grup pretest posttest. Sebanyak 41 dari 120 siswi terpilih dengan cara stratified random sampling. Sampel penelitian mengisi kuesioner pengetahuan tentang anemia, sebelum dan sesudah edukasi menggunakan Kartu Milenial Sehat (KMS). Materi yang disampaikan tentang anemia yaitu definisi, gejala, akibat, pencegahan, dan suplementasi. Kuesioner terdiri dari 14 pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil: Median skor sebelum edukasi adalah 78,6 (minimum=50; maksimum=100) dan setelah edukasi adalah 92,9 (minimum=50; maksimum=100). Uji hipotesis menunjukkan hasil ada beda skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi (p=0,00). Kesimpulan: Edukasi menggunakan media Games Kartu Milenial Sehat (KMS) berpengaruh pada peningkatan pengetahuan remaja putri tentang pencegahan anemia (sebelum dan setelah edukasi).


Keywords


anemia; remaja putri; Kartu Milenial Sehat; pengetahuan; sekolah berbasis asrama

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. 2019. Riset Kesehatan Dasar 2018 [Internet]. Jakarta [cited 2019 Mar 11]. Available from: http://www.labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/ KD/2018//Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf.

Dinas Kesehatan Propinsi DIY. 2018. Evaluasi Anemia Pada Remaja Di DIY. Yogyakarta.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sudargo T, Aristasari T, ’Afifah A. 2016. 1000 Hari Pertama Kehidupan [Internet]. [cited 2019 Mar 11]. Available from: https://ugmpress.ugm.ac.id/id/product/kedokteran-umum/1000-hari-pertama-kehidupan.

Aritonang I. 2014. Merubah Perilaku Untuk Hidup Sehat; Teori dan Praktik Upaya Preventif-Promotif dalam Mewujudkan GERNAS Perbaikan Gizi dan PHBS. Yogyakarta: Leutikabooks.

BKKBN, BPS, Kemenkes, Measure DHS, ICF International. 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012; Kesehatan Reproduksi Remaja [Internet]. Jakarta [cited 2019 Mar 11]. Available from: www.measuredhs.com.

Styaningrum SD, Puspitarini Z, Sari SP. Program Edukasi Terpadu Di Sekolah Berbasis Asrama Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri. Ilmu Gizi Indonesia. 2020; 03(02): 145-154.

Dahlan S. 2010. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta. Salemba Medika.

Siswanto dkk. 2017. Metode Penelitian Kombinasi; Kualitatif Kuantitatif; Kedokteran dan Kesehatan. Klaten: Bossscript.

Muhayati A dan Ratnawati D. Hubungan Antara Status Gizi dan Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia. 2019; 9(1): 563-570.

Akib A dan Sumarmi S. Kebiasaan Makan Remaja Putri yang Berhubungan dengan Anemia: Kajian Positive Deviance. Amerta Nutrition. 2017; 01(02): 105-116.

Wulandari A. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja Dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan Dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak. 2014; 2(1): 39-43.

Putra RWH, Supadi J, Wijaningsih W. Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Riset Gizi. 2019; 7(2): 75-78.

Budianto A dan Fadhilah N. Anemia Pada Remaja Putri Dipengaruhi Oleh Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2016; 5(9): 689-697.

Susilowati D. 2016. Promosi Kesehatan. Promosi Kesehatan. Jakarta. Pusdik SDM Kesehatan

Dewi NU, Hartini DA, Jayadi YI, Rahman A. Peningkatan Pengetahuan Gizi Melalui Permainan. Jurnal Kesehatan Tadulako. 2018; 4(1): 20-27.

Kinanti AA, Hadrianti S, Yusuf A, Amina, Hapsah. Qogisaki (Quarted Gizi Seimbang Masa Kini): Permainan Edukatif, Komunikatif dan Interaktif Berbasis Nutrition Education. Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia. 2019; 8(1): 1-9 .

Syahrina A, Gambir J, Petrika Y. Efektivitas Edu-Anemia dalam Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Fe di Pontianak. Pontianak Nutrition Journal. 2020; 3(2): 45-49.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v4i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI