Pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang terhadap status gizi lebih pada pegawai Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Jakarta Utara

Farida Agustin, Adhila Fayasari, Gusti Kumala Dewi

Abstract


Latar belakang : Dewasa ini obesitas telah menjadi masalah kesehatan dan gizi  baik di negara maju maupun di negara berkembang. Prevalensi overweight dan obesitas meningkat sangat tajam di seluruh dunia, yang mencapai tingkat membahayakan. Obesitas menjadi faktor resiko terjadinya penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, dan kanker yang pada akhirnya mengakibatkan kematian. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang terhadap status gizi lebih pada pegawai Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. DR. Sulianti Saroso Jakarta Utara tahun 2016. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Sebanyak 100 pegawai yang memenuhi kriteria inklusi yaitu pegawai laki-laki dan perempuan yang memiliki IMT >25,00 kg/m2, dan tidak sedang hamil. Responden diukur BB dan TB, mengisi kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku. Hasil: Tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap status gizi lebih (p<0,05). Namun ada kecenderungan bahwa pengetahuan, sikap dan perilaku pada kelompok obesitas lebih baik daripada kelompok overweight. Proporsi responden yang menjawab kurang tepat pada pertanyaan tentang jumlah porsi yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam sehari berdasar Pedoman Gizi Seimbang seperti makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah, jumlah minyak dan gula yang sebaiknya dikonsumsi per hari serta tentang waktu yang baik untuk sarapan dan tentang durasi atau frekuensi olah raga yang dianjurkan. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang  pada pegawai RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso dengan kejadian gizi lebih. Perlu diberikan edukasi gizi mengenai bentuk porsi sayur dna buah yang baik untuk dikonsumsi, pembatasan jumlah lemak, gula dan minyak serta peningkatan aktivitas fisik untuk meningkatkan kualitas kesehatan pegawai.


Keywords


Obesitas; Overweight; Asupan Energi; Perilaku Gizi

References


WHO. Obesity and Overweight. Di akses dari http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs311/en/ 2016

Novitasary MD, Mayulu N, S Kawengian ES. . Hubungan Antara Aktivitas Fisik dengan Obesitas pada Wanita Usia Subur Peserta Jakesmas di Puskesmas Wawonasa Kecamatan Singkil Manado. Jurnal e-Biomedik (eBM). 2013 Vol 1. No.2. hal 1040-1046.

Adriani M, B Wijatmadi. Pengantar Gizi Masyarakat. Kencana. 2012. Hal 114 -115, 126.

Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.Kementerian Kesehatan RI, 2007.

Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.Kementerian Kesehatan RI, 2010.

Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.Kementerian Kesehatan RI, 2013.

Khomsan A, Anwar F, Sukandar D, Riyadi H, & Mudjajanto ES. Studi Peningkatan

Pengetahuan Gizi Ibu dan Kader Posyandu serta Perbaikan Gizi Balita. Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2009.

Jayanti, LD, Effendi, YH, Sukandar D. Perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) serta perilaku gizi seimbangbibu kaitannya dengan status gizi dan kesehatan balita dibkabupaten bojonegoro, jawa timur. Jurnal Gizi dan Pangan 2011, 6(30:192-199.

Hariyadi, D, Damanik, MR, Ekayanti, I Analisis hubungan penerapan pesan gizi seimbang keluarga dannperilaku keluarga sadar gizi dengan status gizi balita di provinsi kalimantan barat. Jurnal Gizi dan Pangan 2010, 5(10:61-68

Arisman. Buku Ajar Ilmu Gizi-Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2002.

Dewi, AC & Mahmudiono, T. Hubungan pola makan, aktivitas fisik, sikap, dan pengetahuan tentang obesitas dengan status gizi pegawai negeri sipil di kantor dinas kesehatan provinsi jawa timur. Media Gizi Indonesia 2013, 9(1):42-48.

Rahmaningsih, DPR. Perbedaan tekanan darah antara shift pagi, sore, malam pada perawat rawat inap di rumah sakit umum daerah banyudono. Skripsi Program Studi Kesehatan Masarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, UMS, 2015.

Noer, ER; Laksmi, K. Peningkatan angka kejadian obesitas dan hipertensi pada pekerja shift. Journal of Nutition and Health 2014, 2(1).

Ganong, W.F., Fisiologi Kedokteran. EGC. EGC. Jakarta, 1990

Shayo, Grace A & Mugusi, Ferdinand M. Prevalence of Obesity and Associated Risk Factors among Adults in Kinondoni Municipal District, dar es Salaam Tanzania. BMC Public Health, 2011, 11,365,1-7.

Brown, Judith E. Nutrition Through The Life Cycle (2nd ed). Belmont: Wadsworth/Thomson Learning, 2005.

Harahap, Heryudarini. Widodo, Yekti. Dan Mulyati, Sri. Penggunaan Berbagai Cut-Off Indeks Massa Tubuh sebagai Indikator Obesitas Terkait Penyakit Degeneratif di Indonesia, . 2005. Di akses dari : http: //ejournal. persagi. org/go/ index.php/Gizi_Indon/article/viewFile/20/17

Azwar, Azrul. Kecenderungan Masalah Gizi dan Tantangan di Masa Depan. Disampaikan pada Pertemuan Advokasi Program Perbaikan Gizi Menuju Keluarga Sadar Gizi, 2004.

Diana, Rian., Indah Yuliana, Ghaida Yasmin, dan Hardinsyah. Faktor Resiko Kegemukanpada Wanita Dewasa Indonesia. Jurnal Gizi dan Pangan 2013, 8(1), 1-8.

Tzotzas, Themistoklis, George Vlahavas, Sousana K. Papadopoulou, Efthymios Kapantais, Dphne Kaklamanou dan Maria Hassapidou. Marital Status and Educational Level Associated to Obesity in Greek Adults: Data From The National Epidemiological Survey. BMC Public Health, 2010, 10, 732-740.

Yoon, Yeong Sook., Oh, Sang Woo., & Park, hye Soon. Socioeconomic Status in Relation to Obesity and Abdominal Obesity in Korean Adults: A Focus on Sex Differences. Obesity, 14, 5, 909-919, 2006.

Suharjo. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003..

Sada, Merinta & Veni Hadju, Djunaedi M. Dachlan. Hubungan Body Image,

Pengetahuan Gizi Seimbang, dan Aktifitas Fisik Terhadap Status Gizi

Mahasiswa Politeknik Kesehatan Jayapura, 2012.

Suryani, Eka Pratiwi, Citrakesumasari, dan Nurhaedar Djafar. Hubungan Perilaku Gizi Seimbang dengan Status Gizi pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, 2011.

Notoatmojo, Soekidjo . Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sizer, FS.,Whitney, Ellie. Nutrition Concepts and Controversies.10th ed, 2006.. Belmont: Thomson Wadsworth Suharjo. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v1i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Ilmu Gizi Indonesia



lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI