Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di RSUD Kota Semarang
Abstract
Latar Belakang : Makanan yang disajikan oleh rumah sakit merupakan salah satu komponen untuk kesembuhan pasien. Makanan dikatakan bermutu baik bila memiliki cita rasa, penampilan dan penyajian yang baik. Tinginya sisa makanan dan kepuasan pasien yang kurang, dapat disebabkan oleh variasi menu makanan, cara penyajian makanan, ketepatan waktu menghidangkan makanan, keadaan tempat makan, kebersihan makanan, serta sikap dan perilaku petugas penghidang makanan yang masih kurang. Tujuan : Mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dari aspek kualitas makanan, yaitu rasa, penampilan dan variasi menu, dengan sisa makanan di RSUD Kota Semarang. Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di semua bangsal RSUD Kota Semarang. Data sisa makanan diambil menggunakan Visual Comstock, untuk menu siang hari. Tingkat kepuasan pasien terhadap rasa, penampilan dan variasi makanan menggunakan skala likert. Analisi data menggunakan Chi Square dan Fisher Exact. Hasil : Sebanyak 92,6% responden tidak puas dengan rasa makanan; 53,7% tidak puas dengan penampilan makanan, dan 81,5% tidak puas dengan variasi menu. Sebanyak 57,4% termasuk kategori banyak sisa dan 42,6% sedikit sisa. Tidak ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap rasa dan sisa makanan (p=0,127). Ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap penampilan makanan dengan sisa makanan (p=0,044). Tidak ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap variasi makanan dengan sisa makanan (p=0,728). Kesimpulan : Ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap penampilan makanan dengan sisa makanan. Tidak ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap rasa dan variasi menu dengan sisa makanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sulastomo, Manajeman Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2000.
Yos E. SSusanto. Peranan Pelayanan Non Profesi Kesehatan di Rumah Sakit. Majalah Cermin Dunia Kesehatan. Edisi Khusus No.71. 1996.
Departemen Kesehatan (RI). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit . Jakarta: Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat; 2003.
Djuariah. Evaluasi Pelayanan Gizi di Rumah Sakit Rawat Inap di RSUP Hasan Sadikin Bandung. Jakarta: Prosiding KPIGK VII; 2004.
Moehji, Sjahmien. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Bhratara. 1992
DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v1i1.11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Gizi Indonesia
lmu Gizi Indonesia indexed and listed by:
Ilmu Gizi Indonesia ISSN 2580-491X (Media Cetak) dan ISSN 2598-7844 (Media Online)
Adress:
Ilmu Gizi Indonesia
Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 4437888
Fax. (0274) 4437999
email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com