Pengaruh edukasi gizi “EMPIRE” terhadap asupan zat gizi makro, serat, dan gula pada wanita dengan gizi lebih

Khairizka Citra Palupi, Leffiyanti Handi, Nazhif Gifari, Lintang P. Dewanti

Abstract


Latar Belakang: Prevalensi gizi lebih cukup tinggi di Indonesia, pencegahan gizi lebih dapat dilakukan dengan mindful eating dan edukasi gizi. Mindful eating yaitu makan dengan lebih sadar sehingga dapat makan cukup untuk memuaskan tanpa makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tujuan: Untuk mengukur pengaruh edukasi gizi “Emotion and Mind Power in Relationship with Eating (EMPIRE)” yang merupakan edukasi gizi dengan pendekatan psikologis (mindful eating) berbasis online terhadap asupan zat gizi makro, serat dan gula pada wanita dengan gizi lebih. Metode: Pre-experimental dengan desain penelitian one group pre-posttest. Responden penelitian ini sebanyak 42 orang yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Pengambilan data asupan makan menggunakan formulir food recall 24 jam (weekday dan weekend), lalu dianalisis menggunakan nutrisurvey 2007 untuk mengetahui jumlah asupan zat gizi makro, serat dan gula (gula tambahan). Analisis data menggunakan uji Dependen T-test untuk menganalisis data asupan energi, protein, lemak, gula dan uji Wilcoxon untuk data asupan karbohidrat dan serat. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan gula mengalami penurunan yang signifikan (p<0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi “EMPIRE” terhadap asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan gula pada wanita dengan gizi lebih. Namun, untuk asupan serat, tidak mengalami perubahan yang signifikan (p=0,507). Tidak ada pengaruh pemberian edukasi “EMPIRE” terhadap asupan serat pada wanita dengan gizi lebih. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian edukasi “EMPIRE” terhadap asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan gula pada wanita dengan gizi lebih. Namun tidak ada pengaruh terhadap asupan serat responden.


Keywords


energi; lemak; karbohidrat; mindful eating

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2018.

World Health Organization. Obesity: preventing and managing the global epidemic. Report of a WHO Consultation. World Health Organ Tech Rep Ser. WHO. 2000.

Kurdanti W, Suryani I, Syamsiatun NH, Siwi LP, Adityanti MM, Mustikaningsih D, et al. Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian obesitas pada remaja. J Gizi Klin Indones. 2015;11(4):179.

Loanda E, Margaret AL, Hidayat J. Asupan Gula Harian Dari Bahan-Bahan Pelengkap Masakan. Maj Kedokt Andalas. 2016;39(1):21–7.

Fuentes Artiles R, Staub K, Aldakak L, Eppenberger P, Rühli F, Bender N. Mindful eating and common diet programs lower body weight similarly: Systematic review and meta-analysis. Obes Rev. 2019;20(11):1619–27.

Albers S. Eating Mindfully: how to end mindless eating and enjoy a balanced relationship with food. New Harbinger;2012.

Allirot X, Miragall M, Perdices I, Baños RM, Urdaneta E, Cebolla A. Effects of a Brief Mindful Eating Induction on Food Choices and Energy Intake: External Eating and Mindfulness State as Moderators. Mindfulness (N Y). 2017;9(3):750–60.

Brown ON, O’Connor LE, Savaiano D. Mobile MyPlate: A pilot study using text messaging to provide nutrition education and promote better dietary choices in college students. J Am Coll Heal. 2014;62(5).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In: Bandung: Penerbit Alfabeta; 2019.

WHO. Appropriate body-mass index for Asian populations and its implications for policy and intervention strategies: Report of a WHO Expert consultation. The Lancet; 2004.

FDA. Added Sugars : Now Listed on the Nutrition Facts Label and How Are They Different. 2020;(March):1–3.

Palupi KC, Putri AE, Nadiyah, Sitoayu L. Development and Validation of Online Nutrition Education Video EMPIRE (Emotion and Mind Power in Relationship with Eating) For Millennials with Overweight and Obesity. Int J Nurs Heal Serv. 2021;4(4):392–405.

Puspitasari N. Kejadian Obesitas Sentral pada Usia Dewasa. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2018;2(2):249–59.

Sudarman M. Sosiologi Untuk Kesehatan. In: Jakarta: Salemba Medika [Internet]. 2008; Available from: http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://a e 9 9 7 8 5 b - 2 2 1 3 - 4 1 6 d - a a 7 e -3a12880cc9b9/Paper/p18311

Katterman SN, Kleinman BM, Hood MM, Nackers LM, Corsica JA. Mindfulnes meditation as an intervention for binge eating, emotional eating, and weight loss: A systematic review. Eating Behaviors;2014.

Rott CA, Seaborn C, Schmidt C, Tafalla R, Pejsa J, Evers N. An Eight Week Mindful Eating Education Program Increases Self Efficacy and Weight Loss. J Am Diet Assoc. 2008;108(9).

Anderson A. Effects of mindful eating on food intake and selection in college students. Kent State Univ Coll. 2014;1:71.

G. F, M. D. Hedonics of Food Consumption: Are Food “Liking” and “Wanting” Viable Targets for Appetite Control in the Obese? Curr Obes Rep. 2012;1(1):42–9.

Lofgren IE. Mindful Eating: An Emerging Approach for Healthy Weight Management. Am J Lifestyle Med. 2015;9(3):212–6.

Kobel S, Wirt T, Schreiber A, Kesztyüs D, Kettner S, Erkelenz N, et al. Intervention Effects of a School-Based Health Promotion Programme on Obesity Related Behavioural Outcomes. J Obes.2014;15.

Sekti RM, Fayasari A. Edukasi Gizi dengan Media Audiovisual terhadap Pola Konsumsi Sayur Buah pada Remaja SMP di Jakarta Timur. J Ilm Kesehat. 2019;1(2):77–88.

Kholid A. Promosi Kesehatan. In: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2012.

Lally P, Jaarsveld CHM VAN, Potts HWW, Wardle J. How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. Eur J Soc Psychol. 2010;40(6):998–1009.

Silveira JAC, Taddei JAAC, Guerra PH, Nobre MRC. Effectiveness of schoolbased nutrition education interventions to prevent and reduce excessive weight gain in children and adolescents: A systematic review. J Pediatr (Rio J). 2011;87(5):382–92.




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v6i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

         

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Adress: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI