Hubungan body image dengan pola makan dan aktivitas fisik pada mahasiswa obesitas di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta

Agnes Felisitas G. Ritan, Wahyu Rochdiat Murdhiono, Endang Nurul Syafitri

Abstract


Latar Belakang: Body image seseorang dapat berubah karena beberapa hal, misalnya perubahan fisik seperti bertambahnya berat badan. Body image yang negatif akan berdampak pada pola makan dan aktivitas fisik sehingga seseorang akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 20 Januari 2017 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta, didapatkan hasil 12 orang mengalami obesitas. Enam orang mahasiswa mengatakan membatasi jumlah makan dan dua orang mahasiswa mengatakan melakukan aktivitas yang tinggi untuk mengurangi berat badan. Tujuan: Mengetahui hubungan antara body image dengan pola makan dan aktivitas fisik pada mahasiswa obesitas.  Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel, yaitu purposive sampling dengan jumlah responden 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah Multidimensional Body Self Relation Questionaire Appearance Scale, Food Frequency Questionnaire, International Physical Activity Questionnaire. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji Chi Square dengan CI 95%.  Hasil: Tidak ada hubungan antara body image dengan pola makan pada mahasiswa obesitas dengan nilai p=0,137, dan tidak ada hubungan antara body image dengan aktivitas fisik pada mahasiswa obesitas dengan nilai p=0,999.  Kesimpulan: Tidak ada hubungan signifikan antara body image dengan pola makan dan aktivitas fisik.

Keywords


body image; pola makan; aktivitas fisik; obesitas

Full Text:

PDF

References


Adriani M, Wijatmadi B. Pengantar gizi masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group; 2012.

Hasdianah, Siyoto S, & Peristyowati Y. Gizi pemanfaatan gizi, diet, dan obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014.

Mujur A. Hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian berat badan lebih pada remaja [skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2011.

Dharma KK. Metodologi penelitian keperawatan: panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Jakarta: CV Trans Info Media; 2011.

Soegih R & Wiramirhadja K. Obesitas permasalahan dan terapi praktis. Jakarta: Sagung Seto; 2009.

Sugianti E. Faktor resiko obesitas sentral pada orang dewasa di Sulawesi Utara [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2009.

Romansyah M, Natalia D. Gangguan body image dihubungkan dengan aktivitas olahraga pada mahasiswa obesitas. Jurnal STIKES. 2012;5(2).

Putri TA. Hubungan antara body image dengan kepercayaan diri mahasiswa yang mengalami obesitas [skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Alamsyah A. Hubungan indeks massa tubuh dan aktivitas fisik dengan kadar kolesterol darah pada usia dewasa tengah di Klinik Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Respati Yogyakarta; 2015.

Gibney MJ, Margetts, Barrie M, Kearney, John M, Arab, Lenore. Gizi kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC; 2009.

Ervina R. Pengaruh presepsi tubuh ideal terhadap pola makan [skripsi]. Jakarta: Universitas Indonesia; 2007.

Suyatno. Survei konsumsi sebagai indikator status gizi. Semarang: Universitas Diponegoro; 2009.

Rahmasari M. Hubungan persepsi tubuh dengan diet dan aktivitas fisik pada mahasiswa dengan status gizi lebih [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ilmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar   IPI



Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Alamat: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

No Hp. 08567865856 / 08562906787

email: redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI