Pengetahuan, dukungan keluarga, dan teman sebaya berhubungan dengan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri

Erlina Tri Rahayu Utomo, Ninna Rohmawati, Sulistiyani Sulistiyani

Abstract


Latar Belakang: Program sumplementasi tablet tambah darah (TTD) sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember untuk menyukseskan program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Menurut penelitian terdahulu, siswi SMP Negeri 9 Jember memiliki proporsi niat positif untuk mengkonsumsi TTD secara teratur. Terdapat beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan konsumsi TTD seperti faktor pengetahuan, dukungan keluarga, dukungan guru, dan dukungan teman sebaya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri di SMP Negeri 9 Jember. Metode: Jenis penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian adalah seluruh siswi kelas VIII dan IX SMP Negeri 9 Jember sebanyak 129 siswi. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik remaja (umur, umur menarche, gejala anemia, konsumsi TTD), pengetahuan remaja tentang anemia, dukungan guru, dukungan keluarga, dan dukungan teman sebaya. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja, sedangkan wawancara dilakukan untuk memperoleh data dukungan. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil: Remaja putri dengan tingkat pengetahuan tinggi tentang anemia, dukungan keluarga yang baik, serta dukungan teman sebaya yang baik cenderung lebih teratur dalam mengkonsumsi TTD. Dukungan guru tidak berhubungan dengan konsumsi TTD. Kesimpulan: Faktor yang berhubungan dengan konsumsi TTD pada remaja putri SMP Negeri 9 Jember yaitu pengetahuan remaja serta dukungan keluarga dan teman sebaya.


Keywords


pengetahuan; dukungan keluarga; dukungan teman; suplementasi tablet tambah darah; remaja putri

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Pedoman pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI; 2016.

Quraini DF. Sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku dengan niat patuh konsumsi tablet tambah darah sebagai upaya pencegahan anemia pada remaja [skripsi]. Jember: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember;2019.

Khomsan A. Teknik pengukuran pengetahuan gizi. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2000.

Wahyuningsih A & Uswatun A. Hubungan pengetahuan tentang anemia dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet tambah darah remaja putri di SMA Negeri 1 Karanganom. Jurnal Involusi Kebidanan.2019;9(17).

Fitri Y. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku konsumsi tablet tambah darah pada siswi di SMA Pertiwi 1 Padang tahun 2018 [skripsi]. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas; 2018.

Nuradhiani A, Briawan D, Dwiriani CM. Dukungan guru meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri di Kota Bogor. Jurnal Gizi Pangan. 2017;12(3):153-160.

Fatmawati A, Subagja CA. Analisis faktor kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi pada remaja putri. Jurnal Keperawatan.2020; 12(3): 363–370.

Savitry NSD, Arifin S. Asnawati. Hubungan dukungan keluarga dengan niat konsumsi tablet tambah darah pada remaja puteri. Berkala Kedokteran.2017; 13(1): 113-118.

Amir N, Djokosujono K. Faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi tablet tambah darah (TTD) pada remaja putri di Indonesia: literature review. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.2019; 15(2).

Lestari P, Widardo, Mulyani S. Pengetahuan berhubungan dengan konsumsi tablet Fe saat menstruasi pada remaja putri di SMAN 2 Banguntapan Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 2015;3(3):145-149.

Aprianti R, Sari GM, Kusumaningrum T. Factors correlated with the intention of iron tablet consumption among female adolescents.Jurnal Ners.2018; 13(1).

Fadila I & Kurniawati H. Upaya pencegahan anemia pada remaja puteri sebagai pilar menuju peningkatan kesehatan ibu. Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT; 2018.p.78-89.

Berliana N & Pradana E. Hubungan peran orangtua, pengaruh teman sebaya dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Journal Endurance. 2016;1(2):75-80.

Nomate ES, Nur ML, Toy SM. Hubungan teman sebaya, citra tubuh dan pola konsumsi dengan status gizi remaja putri. Unnes Journal of Public Health. 2017;6(3):51-57

Nisfiannoor M & Kartika Y. Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal Psikologi.2004;2(2).




DOI: https://doi.org/10.35842/ilgi.v4i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ilmu Gizi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

lmu Gizi Indonesia indexed and listed by: 

Google Scholar Google Scholar    

     

Ilmu Gizi Indonesia ISSN  2580-491X   (Media Cetak) dan ISSN  2598-7844   (Media Online)

Alamat: 

Ilmu Gizi Indonesia

Jalan Raya Tajem KM 1.5 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 4437888

Fax. (0274) 4437999

email: ilgi@respati.ac.id/ redaksiilgi@gmail.com

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats ILGI