Announcements

Ilmu Gizi Indonesia merupakan jurnal yang dikelola oleh Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal ini menerima naskah ilmiah di bidang gizi. Jurnal ini fokus pada bidang gizi klinik, gizi masyarakat, food science, food service, dan gizi olahraga.

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS (Open Journal System)

 
Publikasi secara online merupakan langkah utama yang dapat dilakukan oleh pengelola jurnal untuk mendukung tercapainya publikasi naskah ilmiah secara global. Pengelolaan dan penerbitan berkala ilmiah berbasis online memungkinkan dilakukan lebih cepat karena semua proses pengelolaan meliputi proses pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan terbitan berkala ilmiah elektronik (e-journal). Ilmuwan dan penerbit terbitan berkala di Indonesia harus memahami perubahan paradigma dari terbitan berkala ilmiah cetak menjadi elektronik (e-journal). Suatu hasil karya ilmiah dapat segera diketahui dan dikenal masyarakat, baik nasional maupun internasional, melalui e-journal.

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS (Open Journal System) diperlukan  sebagai suatu upaya peningkatan kompetensi pengelola jurnal dalam mengelola dan mengatur terbitan secara online. Di samping itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan artikel secara back issue dan future issue; pengelolaan tampilan statistic dan reports jurnal di homepage; cara penggunaan OJS sesuai dengan platform manajemen e-journal; pemahaman pengelola jurnal tentang aplikasi sistem OJS sehingga mampu menyajikan situs jurnal yang informatif bagi pembaca; dan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional.

Pelatihan Tata Kelola Jurnal dengan Sistem OJS dilaksanakan pada Sabtu, 3 Maret 2018 di Hotel Gowongan Inn, dengan pemateri dari Relawan Jurnal Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh editor Ilmu Gizi Indonesia, perwakilan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. Pelatihan ini meningkatkan kapasitas para pengelola jurnal mengenai OJS, yang sangat diperlukan dalam manajemen pengelolaan jurnal.
 
Posted: 2018-08-07
 

Pelatihan Searching Journal dan Mendeley Program

 

Ilmu Gizi Indonesia sebagai jurnal yang sedang berkembang, memiliki target untuk mengadakan pelatihan-pelatihan demi mendukung peningkatan kualitas jurnal. Salah satu sasaran pelatihan yaitu editor. Tata cara dan prosedur pencarian jurnal merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh editor.

Pelatihan “Searching Journal dan Mendeley Program” merupakan pelatihan pertama yang diadakan oleh Ilmu Gizi Indonesia. Acara dilaksanakan pada Minggu, 5 November 2017 di Ruang Sekarjagad, Hotel MM-UGM. Kegiatan ini diikuti oleh para editor Ilmu Gizi Indonesia, serta dosen-dosen Prodi S-1 Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta. Pemateri pelatihan merupakan Advisor Mendeley, yaitu Muhammad Iqbal, S.Gz., M.P.H. Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas para editor Ilmu Gizi Indonesia. Di samping itu, adanya pelatihan ini juga bertujuan untuk mendukung peningkatan publikasi bagi para dosen di Prodi S-1 Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta.

Pelatihan dilaksanakan dengan dua sesi, yaitu Searching Journal (sesi I) dan Praktik Penggunaan Program Mendeley (sesi II). Materi yang disampaikan pada sesi I yaitu: mencari artikel yang tepat dan cepat; mendapatkan jurnal yang berbayar; searching keyword; dan plagiarism checker. Materi yang disampaikan pada sesi II yaitu: pengenalan Mendeley; penataan Library; Mendeley Citation; pembuatan daftar pustaka; penggunaan group untuk sharing referensi.

 
Posted: 2018-08-07
 

Indeksasi Jurnal

 

Ilmu Gizi Indonesia Terindeks di:

1. Google Scholar

2. Sinta Score 3

3. Indonesian Publication Index

4. Garba Rujukan Digital

 
Posted: 2018-08-07
 
1 - 3 of 3 Items