Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Ilmu Gizi Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan Jurnal untuk Ilmu Gizi Inonesia

  1. Judul bahasa indonesia [Bold, Kapital hanya pada awal kalimat, maks 20 kata Bahasa Indonesia, tanpa singkatan/ akronim, rata tengah, huruf TNR point 12, spasi 1,5]
  2. Title in english  [Bold, Capitalized on early sentences, max 20 words in English, without acronym, center, TNR point 12, space 1,5]
  3. Nama penulis pertama tanpa gelar1*, Nama penulis kedua tanpa gelar2,Nama penulis ketiga tanpa gelar3 [Bold, Capitalize on Sentence, rata tengah, huruf TNR point 11, spasi 1]

Abstrak (Bahasa Indonesia)

Latar Belakang: tampilkan beberapa kalimat yang menjelaskan ruang lingkup atau konteks penelitian serta justifikasi kebaruan topik yang diteliti. Tujuan: menampilkan tujuan penelitian dan atau hipotesis yang diuji secara spesifik. Metode: menjelaskan desain penelitian yang digunakan termasuk responden, kultur sel dan model hewan coba. Penulis juga diminta mendeskripsikan intervensi yang dilakukan dan kelompok serta metode/ prosedur yang spesifik. Hasil: Tuliskan hasil atau temuan penelitian yang paling penting termasuk hasil analisis statistik. Kesimpulan: Menampilkan ringkasan 1-2 kalimat yang menunjukkan hasil (outcome) penelitian termasuk potensi kemaknaan klinis apabila relevan. Abstrak terdiri dari 150-250 kata, huruf TNR 10, spasi 1.

Kata kunci: kata pertama; kata kedua; kata ketiga; kata keempat; kata kelima; kata keenam [dipisahkan dengan titik koma]. Kata Kunci berkisar 4—6 kata/frasa.

Abstract (English)

Background: Background has to describe the scope and context of the research including the justification and novelty. Objective: Has to describe the purpose of the research and the hypotheses. Methods: have to describe the design, respondent, cell culture and animal models. The authors have to describe the intervention, group and procedures/ methods. Results: The authors have to write down the results or the most important things of the research including the results of statistical analysis. Conclusion: Displays a summary, 1-2 sentences showing research outcomes including the potential of
significancy relevant. [Abstract consists of 150-250 words, TNR 10, space 1]

Keywords: first word; second word; third word; fourth word; fifth words; sixth words [separated with ;]. Keywords consist of 4-6 words/ phrases

PENDAHULUAN

      Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word dengan huruf Times New Roman ukuran 11 spasi 1,5 dan margin: sisi kiri, kanan, atas, bawah masing-masing 3 cm dengan format ukuran kertas A4 serta diberi nomor halaman pada sudut kanan bawah. Jumlah halaman dalam satu naskah antara 6 – 14 halaman. Alinea baru dimulai pada ketentuan huruf ke 6 dari batas tepi kiri.

      Pendahuluan harus menguraikan dengan ringkas besarnya masalah yang akan diteliti dan pemaparan mengapa penelitian perlu dilakukan. Pendahuluan harus didukung oleh pustaka yang relevan dan kuat serta mencantumkan tujuan penelitian yang jelas. Panjang pendahuluan tidak melebihi 1 halaman.

METODE

      Metode penelitian ditulis dalam paragraf lengkap dan terperinci sehingga orang lain dapat mengulang penelitian tepat seperti yang dilaporkan. Metode mengandung beberapa informasi, antara lain: 1). Jenis dan desain penelitian; 2). Waktu dan tempat penelitian; 3). Populasi dan sampel penelitian; 4). Perkiraan besar sampel; 5). Metode sampling; dan 6). Kriteria pemilihan sampel (inklusi dan eksklusi);

      Selain itu dalam metode juga dicantumkan 1). Variabel yang diteliti (definisi dan klasifikasi/ kriteria jika ada); 2). Alat dan bahan yang digunakan; 3). Informasi terperinci bagaimana penelitian ini dilakukan termasuk pengukuran dan intervensi. 4). Analisis statistik yang digunakan; 5). Program komputer yang digunakan; dan 6). Mencantumkan kelaikan etika penelitian/ ethical clearance.

HASIL

Penulisan Hasil Penelitian

      Hasil bisa disajikan dalam bentuk sub-bab di setiap akhir sub-bab diberikan jarak (spasi 1 ,5 before 0 dan after 0). Penulisan judul sub-bab dimulai dari rata kiri, bold, dan ditulis kapital di awal kata (capitalized each words). Hasil penelitian ditulis sesuai dengan alur penelitian. Pada umumnya hasil diawali dengan karakteristik subjek penelitian. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi (tekstual), tabel atau gambar (grafik/ diagram). Tuliskan juga informasi loss to follow up atau subjek drop out (bila ada). Hindari penulisan identitas subjek penelitian.


Keterangan Tabel dan Gambar

      Tabel harus self explanatory: angka-angka dan satuan harus tergambar dengan jelas pada tabel sehingga tidak tergantung pada teks. Penulisan tabel menggunakan spasi 1 (before 0 dan after 0). Judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan judul gambar ditempatkan di bawah gambar. Tampilan tabel tidak ada garis vertikal dan tidak ada garis horizontal dalam (hanya ada garis heading dan batas bawah tabel). Setiap tabel atau gambar harus disebutkan pada narasi hasil. Hindari narasi hasil yang hanya membaca atau mengulang data dalam tabel. Tidak diperbolehkan adanya duplikasi informasi, bila informasi lebih jelas dan singkat dengan narasi maka tabel atau gambar tidak diperlukan. Tabel/ gambar yang memuat data dari referensi lain (data sekunder) harus dituliskan secara jelas sumbernya.

                        

PEMBAHASAN

Keterangan Pembahasan Pertama

      Pembahasan bisa disajikan dalam bentuk sub-bab di setiap akhir sub-bab diberikan jarak (spasi 1,5 before 0 dan after 0). Penulisan judul sub-bab dimulai dari rata kiri, bold, dan ditulis kapital di awal kata (capitalized each words). Pembahasan diawali dengan penemuan utama dalam penelitian kemudian dibahas makna temuan penelitian dengan cara membandingkan hasil penelitian dengan pengetahuan atau hasil penelitian sebelumnya dan menghubungkan temuan dengan aspek praktik klinis, sosial, dan ilmiah.

Keterangan Pembahasan Kedua

      Jangan mengulang secara berlebihan informasi yang telah disajikan dalam hasil. Sebaiknya hindari penggunaan buku pegangan metodologi, buku-buku klasik, dan berita surat kabar yang tidak saja sebagai sumber permasalahan tetapi juga sebagai bahan acuan pembanding dalam pembahasan. Gunakan istilah yang baku, baik, dan benar. Gunakan konsep dan urutan logika yang jelas dalam paragraf. Setiap singkatan yang muncul pertama kali harus disebutkan terlebih dahulu kepanjangannya.

KESIMPULAN DAN SARAN

      Kesimpulan dibuat naratif 1 sampai 2 paragraf. Hindari penyimpulan yang hanya merupakan simpulan percobaan dan masih mencantumkan angka-angka statistik. Saran yang diberikan harus sesuai dengan kesimpulan yang diambil serta dapat pula diberikan saran untuk penelitian lanjutan bila ada.

UCAPAN TERIMA KASIH

      Ucapan terima kasih diungkapkan dengan wajar dan hanya ditujukan kepada mereka yang memberi kontribusi yang signifikan tetapi belum memenuhi syarat dimasukkan sebagai penulis (author). Ucapan terima kasih dituangkan dengan wajar dan hanya ditunjukkan kepada mereka yang memberikan kontribusi, termasuk kontribusi dana penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

      Penulisan daftar pustaka dianjurkan menggunakan aplikasi tools seperti Mendeley atau Zotero dengan Vancouver style. Penulisan rujukan dalam naskah menggunakan angka Arab di dalam kurung (1), bukan superscript. Penomoran rujukan ditulis secara berurutan sesuai urutan kemunculan dalam naskah. Mohon tidak menggunakan abstrak publikasi sebagai rujukan. Apabila rujukan dari abstrak tidak bisa dihindari, tuliskan "(abstr)" pada bagian akhir penulisan rujukan. Abstrak yang berasal dari konferensi ilmiah namun tidak dipublikasi dalam jurnal tidak dapat digunakan sebagai rujukan.

      Sebisa mungkin persentase rujukan memenuhi syarat sebagai berikut: 1. Lebih dari 50% pustaka merupakan hasil penelitian atau artikel dalam jurnal; 2. Minimal 40% pustaka adalah pustaka primer; 3). Minimal 40% terbitan 10 tahun terakhir.

Template Jurnal Ilmu Gizi Indonesia

 

Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 250000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.